Mengejar Penerbangan Pertama

Setelah 15 tahun, saya mendapatkan kesempatan lagi untuk mengunjungi kota Semarang. Tapi tunggu dulu. Bukan kota Semarang yang akan dibahas, tapi pengalaman naik pesawat ke Semarang melalui Soetta.

Berhubung kegiatan saya dimulai pagi, mau tidak mau pesawat paling pagi (first flight) menjadi pilihan. Banyak orang menganggap naik pesawat itu cepat. Ke Semarang hanya butuh waktu 1 jam dari Jakarta. Kata siapa? Itu semua semu.

Begini penjelasannya. Untum mengejar first flight pukul 05.35, anda harus minimal check-in 04.50 (Garuda). Namun anda tidak mungkin sampai di gerbang komplek bandara tepat 04.50 bukan? Untuk kasus umum, biasa waktu tiba kita rencanakan 20-30 menit dari waktu terakhir check-in. Kita misalkan saja 20 menit. Berarti anda harus berada di bandara setidaknya pukul 04.20.

Selanjutnya, tambahkan waktu perjalanan anda dari rumah. Berangkat pagi dari Jadetabek biasa cuma butuh waktu 1 jam. Berarti dari rumah minimal pukul 03.20. Kalau naik kendaraan umum seperti Damri, anda bahkan harus spare waktu lebih lama. Minimal harus berangkat pukul 03.00 tergantung jarak. Kecuali rumah di seberang bandara persis, spare waktu 1 jam 30 menit untuk transportasi dari rumah-bandara adalah wajar.

Berangkat pukul 03.00 kemudian sampai Semarang pukul 06.40 plus wira wiri di Bandara tujuan selama 20 menit. Berarti total butuh waktu berapa jam? Ya, sekitar 4 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *